Ahli Kitab Dalam Al-Quran

Banyak umat Islam apabila diberi penyuluhan tentang Kristologi bereaksi. Mengapa belajar Kristologi ?.

Apakah imannya sudah kuat?.

Apakah belajar Kristologibukannya akan mempengaruhi untuk menjadi Kristen?. Dan lain sebagainya ?.

Belajar Kristologi bukanserta merta langsung menyampaikan tentang Trinitas, Yesus Tuhan, YesusJuruselamat, Dosa waris dan Penebusan Dosa, Injil asli atau palsu,  banyak pertentangan dalam alkitab dan lainsebagainya. Tetapi harus dipalajari latar belakang mengapa harus Kristologi,bukan Budhalogi atau Hindhulogi .

Secara kronologismotivasi belajar Kristologi dapat dibaca sebagai berikut.

Peringatan Allah

Kalamullah

Qs 2:109 Sebagian besar Ahlikitab menginginkan agar mereka dapatmengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman ...."

Qs 2:120 Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamuhingga kamu mengikuti mereka....." (Qs 5:82)

Bermula denganperingatan Allah pada ayat diatas, dimana sebagian besar Ahlikitab akanmengkafirkan umat Islam. Peringatan Allah ini harus disikapi, yaitu tentangsikap orang-orang Yahudi dan Nasrani yang selalu akan memusuhi umat Islamsampai hari kiamat.

Kalamullah

Qs 5:68 Katakanlah : "Hai Ahlikitab kamu tidak dipandangberagama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil danAl-Qur'an yan diturunkan kepadamu dari Tuhanmu ....."

Dari pengertian ayatdiatas bahwa Ahlikitab tidak dipandang beragama sedikitpun kalau mereka tidakmenegakkan hukm-hukum Allah. Padahal mereka mengaku mempunyai pegangan kitabyaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang berisi hukum-hukum Allah yaituTaurat, Zabur dan Injil. Oleh karena itu perlu ada penelitian lebih lanjut,apakah orang-orang yang beragama Yahudi dan beragama Kristen tidak melaksanakanhukum-hukum Allah yang ada didalamnya. Hal ini dapat dibaca pada bab "Penyimpangan ajaran Kristen terhadap ajaran Yesus ".

Siapa Ahlikitab dalam Al-Qur'an ?

Kalamullah

Qs 3:187 Dan ( ingatlah ) ketika Allah mengambil janji dariorang-orang yang telah diberi kitab ....."

Qs 28:52 Orang-orang yang telah kami datangkan kepada mereka Alkitabsebelumnya   Al-Qur'an....."

Qs 35:29 Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca KitabAllah...."

Ahlikitab dalam pengertian pada ayat diatas adalah orang-orangatau suatu kaum yang telah diturunkan Kitab dari Allah kepadanya. Jadi Kitabyang dimaksud adalah kitab yang diturunkan dari Allah bukan ciptaan manusia.Mereka itu adalah orang-orang Israeldalam hal ini adalah Yahudi dan Nasranijuga umat Islam. Tetapi seperti umat Hindhu, Budha, Sintho, Zoroaster, walaupunmereka mempunyai kitab suci, tetapi karena bukan ciptaan Allah tetapi ciptaanmanusia maka mereka tidak termasuk dalam katagori Ahlikitab menurut Al-Qur'an.

Ahilkitab dalam Al-Qur'an

Ahlikitab dalamAl-Qur'an terdapat dua macam

1.Ahlikitab yang beriman

Kalamullah

Qs 28:52 Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Alkitabsebelumnya Al-Qur'an mereka beriman ( pula ) dengan Al-Qur'an itu. 53. Dan apabila dibacakan ( Al-Qur'an itu ) kepada mereka,mereka berkata : "Kami beriman kepadanya;......" (ayat yang senada Qs 3:113 ; Qs 34:6)

Ulasan

Ahlikitab yang berimanadalah umat terdahulu sebelum datang Islam (Al-Qur'an), mereka taat terhadaphukum-hukum Allah yang terdapat pada kitab Allah. Kemudian setelah datangAl-Qur'an mereka beriman terhadap Al-Qur'an dan mengakui bahwa Muhammad sebagaiRasul Allah, maka mereka  menjadi orang-orangMuslim.

2. Ahlikitab yang kafir

Kalamullah

Qs 2:105 Orang-orang kafir dari Ahlikitab dan orang-orang musryik tiadamenginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Tuhanmu....." (Qs98:6)

Ulasan

Ahlikitab yang kafir dapatdilihat dari sikap mereka terhadap umat Islam. Mereka tidak senang terhadapumat Islam apabila umat Islam mendapat rahmat dari Allah. Dan terhadapAl-Qur'an dan nabi Muhammad saw mereka bersikap memusuhi.

Yahudi dan Nasrani dalam Al-Qur'an

Sebagai mana tercantumdalam Qs 2:120 bahwa Yahudi dan Nasrani tidak akan senang terhadap umat Islamsampai akhir zaman. Masalahnya Yahudi dan Nasrani yang mana yang tidak senangterhadap umat Islam itu ?

YAHUDI

Yahuhdi dalam Al-Qur'anada dua macam

1.Yahudi yang beriman

Kalamullah

Qs 5:44 Sesungghnya Kami telah menurunkan Kitab Tauratdidalamnya  (ada) petunjuk dan cahayayang dengan kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yangmenyerah diri kepada Allah , oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendetamereka disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan merekamenjadi saksi terhadpnya....." ( ayat yang senada Qs 7:170; Qs 40:53;Qs 45:16; Qs 6:154; Qs 2:62; Qs 5:69)

Ulasan

Umat Islam Indonesiakhususnya sebagian besar kurang mengatahui tentang Yahudi. Mereka tidak bisamembedakan antara  Yahudi sebagai agamadan Yahudi sebagai bangsa.

Ø  Yahudisebagai bangsa

Asal mula Yahudisebagai bangsa yaitu kira-kira 538 SM pada saat orang-orang Israeldipembuangan  di Babilonia diperbolehkanpulang oleh Kaisar Cirus dari Persia setelah Babilonia dikalahkan oleh Persia.Pemerintah Persia menyebut orang-orang Israel dengan panggilan "Yahudi" sebagai bangsa, karenakebetulah mereka itu kebanyakan suku Yehuda.

Ezra  1:2 “Beginilah perintahKoresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku olehTUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nyadi Yerusalem, yang terletak di Yehuda. 3 Siapa di antara kamu termasukumat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yangterletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yangdiam di Yerusalem.5 Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orangYehuda dan orang Benyamin,

Ø  Yahudi sebagaiagama adalah ajaran Musa.

Pada saat Parsiadiperintah raja Artahsasta, hiduplah seorang Imam ahli Taurat  bernama Ezra atau Uzair menurut Al-Qur'an

Ezra  7:6 Ezra ini berangkatpulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yangdiberikan TUHAN, Allah Israel. 10 Sebab Ezra telah bertekad untuk menelitiTaurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antaraorang Israel.

Orang-orang  Israel yangtaat terhadap hukum Taurat disebut " Yahudi " sebagai agama.Karena keahlian Ezra  terhadap hukumTaurat orang-orang Yahudi mengkultuskan.

Diantara mereka yang masih taat terhadap hukum Taurat setelahdatang Al-Qur'an menyatakan beriman. (Qs 28:52,53)

2. Yahudi yang kafir

Kalamullah

Qs 3:23 Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah diberibahagian yaitu Al-kitab Taurat, mereka diseru kepada kitab Allah supaya kitabitu menetapkan hukum diantara mereka, kemudian sebagian dari mereka berpalingdan mereka selalu membelakangi ( kebenaan ) ( ayat yang senada Qs 2:120; Qs5:82; Qs 4:44; Qs 4:160; Qs 6:146; Qs 3:52 )

Ulasan

Yahudi yang kafir yaituorang-orang Yahudi yang tidak taat terhadap hukum Taurat. Mereka itu setelahdatang Al-Qur'an tidak mau beriman tetapi membecinya.

NASRANI

Nasrani berasal darikata Nazaret yiatu sebuah tempat dimana Nabi Isa as  (Yesus) dibesarkan oleh Ibunya Maryam.Orang-orang yang mengikuti ajaran  NabiIsa as ( Yesus ) yang berasal dari Nazaret disebut " Nasrani"

Matius 21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dariNazaret di Galilea.”

YESUS terjemahan daribahasa YUNANI

ISA terjemahan daribahasa ARAB

YESUA nama asli dalambahasa IBRAMI AERAMIC

Pada Yesus masih hiduppara pengikut (murid-muridnya) yang setia  (Hawariyun) mentaati apa yang diajarkan olehYesus yaitu menjalankan kehidupan menurut hkum Taurat. Tetapi setelah Yesusmeninggal muncullah orang yang tidak pernah berjumpa dengan Yesus mengakumenjadi pengikut Yesus, Dia itu adalah orang yang bernama "Paulus".Pada mulanya murid-murid Yesus menolak Paulus bergabung dengan mereka. tetapiBarnabas teman Paulus memberi peluang kepada Paulus. Dalam perjalanan ajarannyaPaulus mengajar kan  ajaran yangbertentangan dengan yang diajarkan oleh Yesus. Oleh karena itu Yakobus pempinanorang-orang Nasrani yang setia menegur Yesus:

Kisah Rasul 21:18 Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-samadengan kami mengunjungi Yakobus; semua penatua telah hadir di situ. 19 Paulusmemberi salam kepada mereka, lalu menceriterakan dengan terperinci apa yangdilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain oleh pelayanannya.  20 Mendengar itu mereka memuliakan Allah.Lalu mereka berkata kepada Paulus: “Saudara, lihatlah, beribu-ribu orang Yahuditelah menjadi percaya dan mereka semua rajin memelihara hukum Taurat.  21 Tetapi mereka mendengar tentang engkau,bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsalain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka janganmenyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.

Paulus dalammengajarkan ajaran sesat (bertentangan dengan ajaran Yesus) banyak dicerca danditolak oleh orang-orang Yahudi. Sejak tiu Paulus mengajarkan ajarannya kepadaorang-orang diluar Yahudi

Kisah rasul 18:5 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia,Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberikesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias. 6 Tetapi ketikaorang-orang itu memusuhi dia dan menghujat, ia mengebaskan debu dari pakaiannyadan berkata kepada mereka: “Biarlah darahmu tertumpah ke atas kepalamu sendiri;aku bersih, tidak bersalah. Mulai darisekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain.”

Maka pengikut Yesussetelah Yesus meninggal pecah menjadi dua; yaitu Nasrani asli yangdipimpin oleh Yakobus dan Sekte Nasrani yang dipimpin oleh Paulus.

Kisah rasul 24:5 Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini (Paulus)adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semuaorang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokohdari sekte orang Nasrani.

Ada dua macam Nasrani dalam Al-Qur’an

1. Nasrani yang beriman

Kalamullah

Qs 5: 82,83.......Dan sesungguhnya kamu dapati yang palingdekat persahabtannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yangberkata : " Sesungguhnya kami ini orang Nasrani ". Yang demikian itudisebabkan karena diantara mereka terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib,karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.. Dan apabila merekamendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul ( Muhammad ) kamu lihat matamereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran ( Al-Qur'an ) yang telahmereka ketahui ( dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata : " YaTuham kamu, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yangmenjadi saksi ( atas kebenaran  Al-Qur'andan keanbian Muhammad saw )( ayat yang senada Qs 4:162; Qs 2:62; Qs5:69;Qs2:253)

Ulasan

Manurut ayat diatasorang-orang Nasrani yang beriman adalah orang-orang yang mentaati hukum Taurat.Mereka itu setelah datang Al-Qur'an jikalau dibacakan Al-Qur'an meneteskan airmata, kemudian menyatakan beriman. Mereka mengetahui kebenaran Al-Qur'an darikitab mereka sendiri yaitu Taurat dan Injil atau Perjanjian lama dan PerjanjianBaru.

2. Nasrani yang kafir

Qs 5:14 Dan diantara orang-orang yang mengatakan : " Sesungguhnyakami ini orang-orang Nasrani ". ada yang telah Kami ambil perjanjianmereka, tetapi mereka (sengaja) melupakan sebahagian dari apa yang  mereka telah diberi peringatandengannya......" (ayat yang senada Qs5:82; Qs 2:253; Qs 7:169)

Ulasan

Nasrani yang kafir adalahorang-orang yang mengaku pengikut Yesus tetapi pada kenyataanya mereka tidakmelaksanakan apa yang diajarkan Yesus pada waktu masih hidup yaitu untukmentaati hukum Taurat.

Matius  5:17 “Janganlah kamumenyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi.Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 18 KarenaAku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini,satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelumsemuanya terjadi
.
Lukas 16:17 Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik darihukum Taurat batal.

Mereka mengikuti ajaranPaulus yang mengajarkan untuk membatalkan hukum Taurat

Efesus 2:15.... sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telahmembatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya

Roma 7:4 Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukumTaurat oleh tubuh Kristus

Mereka itu dikutuk olehYesus sebagai orang-orang yang munafik karena mengikuti ajaran manusia bukanajaran dari Allah

Matius 15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentangkamu: 8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh daripada-Ku. :9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang merekaajarkan ialah perintah manusia.”

Akhirnya mereka pada harikiamat tidak dikenal oleh Yesus tetapi justru diusir dari hadapannya

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan!akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendakBapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berserukepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusirsetan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Padawaktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidakpernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Sampai zaman  datangnya Al-Qur'an mereka itu tidak berimantetapi mendustakan.

Sekte Nasrani menjadiKristen

Masih banyak orang-orangIslam mengira bahwa Nasrani dalam Al-Qur'an adalah sama dengan orang-orangKristen yang ada sampai sekarang. Hal ini disebabkan banyak umat Islam membacaAl-Qur'an tidak ditujukan untuk memahami dan memikirkan, tetapi sekedar untukdibaca agar memenuhi kewajiban sebagai umat Islam harus membaca Al-Qur'an.Walaupun membacanya tidak memahami artinya yang penting bagus bacaanya.Akibatnya banyak umat Islam yang terjerumus dalam ketidak tahuan.

Nasrani seperti telah diuraikandiatas pecah menjadi dua setelah Yesus meninggal yaitu Nasrani yang asli (Hawariyun ) dan Sekte Nasrani yang sekarang menjadi Kristen. Proses Sektemenjadi Kristen tidak luput dari peran Paulus.

Kristen berasal dari kata"Kristus, atau Mesias" yang artinya adalah Juruselamat. Kristusadalah gelar yang diberikan Yesus setelah secara misterius bangkit diantaraorang mati setelah disalib. Orang percaya bahwa Yesus adalah Kkristen disebut" orang Kristen '

Peran Paulus

Paulus yang bergabungdengan murid-murid Yesus setelah Yesus meninggal. mengajarkan bahwa :

- Yesus sama dengan Allah
Roma9:5  Mereka adalah keturunan bapa-bapaleluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada diatas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama lamanya.

- Yesus adalah Tuhan

Kisahrasul 2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allahtelah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.”

Roma 10:9 Sebab jika kamumengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu,bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akandiselamatkan.

- Yesus adalah anak Allah

Kisah rasul 9:20 Ketika itu jugaia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, dan mengatakan bahwa Yesus adalahAnak Allah.

- Yesus Juruselamat

Kisah rasul 9:22 Akan tetapiSaulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yangtinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias ( Kristus).

Orang-orang yang mengikutiajaran Paulus yang mempercayai bahwa Yesus adalah Kristus akhirnya disebut Kristen.

Kisah rasul 11:25 Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus;dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.26 Mereka tinggalbersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyakorang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kesimpulan

Dari uraian diatas sudahjelas bahwa Ahlikitab yang selalu akan mengembalikan umat Islam kedalamkekafiran adalah Ahlikitab yang kafir,mereka itu adalah Ahlikitab yang tidak senang apabila orang-orang Islammendapat rahmat dari Allah. Ahlikitab yang kafir itu terdiri dari orang-orangYahudi yang tidak beriman dengan Al-Qur'an dan orang-orang dari Sekte Nasranipengikut Paulus atau Kristen.

Sudah banyak contohperistiwa dalam sejarah dunia tentang kekejaman yang dilakukan oleh merekaterhadap umat Islam. Allah sudah memberi peringatan empat belas abad yang lalu.Oleh karena itu apabila umat Islam tidak tanggap terhadap peringatan itu makaapabila terjadi kekejaman yang dilakukan oleh oknum-oknum orang Kristen Allahtidak akan menjadi pelindung dan penolong lagi

Qs 2:120 ....Sesungguhnya apabila kamu mengikuti kehendak mereka setelahdatang pengetahuan, maka Allah tidak menjadi pelindung dan penolong lagibagimu.

Itulah sebabnya umat Islamperlu mengatahui "apa itu Kristen ".

KESIMPULAN
Umat Kristen bukanlahAhlikitab.

Tetapi mereka adalah :

PENDUSTA (KALAMULLAH)

Qs 29/12. Dan berkatalah orang-orang kafirkepada orang-orang yang beriman: “Ikutilah jalan kami dan nanti kami akanmemikul dosa-dosamu”, dan mereka (sendiri) sedikit pun tidak (sanggup),memikul dosa-dosa  mereka. Sesungguhnyamereka adalah benar-benar ORANG  PENDUSTA

KAFIR, MUSRIK, LALIM (KALAMULLAH)

Qs 5/72 Sesungguhnyatelah KAFIRLAH orang-orang yangberkata: "Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam", padahalAl Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku danTuhanmu" Sesungguhnya orang yang MEMPERSEKUTUKAN(sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dantempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang LALIM itu seorang penolong pun.

Qs 5/73 Sesungguhnya KAFIRLAHorang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah satu dari yangtiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selainTuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu,pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

MUNAFIK(KATA YESUS)

Matius 15:7-9 Hai orang-orang MUNAFIK!  Benarlah nubuatYesaya tentang kamu: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinyajauh dari pada-Ku.Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yangmereka ajarkan ialah perintah manusia.”

PENIPU(KATA YESUS)

Matius 24:4 Yesus menjawab,"Waspadalah, jangan sampai kalian tertipu. 5 Sebab banyak orang akandatang dengan memakai nama-Ku dan berkata, 'Akulah Raja Penyelamat!' Merekaakan MENIPU banyak orang

MENJERAT DENGAN TIPU DAYA (KATA PAULUS)

II Korintus  12:16 Baiklah, aku sendiri tidak merupakansuatu beban bagi kamu, tetapi -- kamu katakan -- dalam KELICIKANKU aku telah menjerat kamu dengan TIPU DAYA.

PENGECUT (KATA PAULUS)

I Korintus  9:20 Demikianlah bagi orang Yahudi AKU MENJADI SEPERTI orang Yahudi,supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawahhukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat,sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapatmemenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.

I Korintus  9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup dibawah hukum Taurat AKU MENJADI SEPERTI orangyang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukumAllah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkanmereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.

I Korintus  9:22 Bagi orang-orang yang lemah AKU MENJADI SEPERTI orang yang lemah,supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telahmenjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orangdari antara mereka

IMAN ISLAM LEBIH BERHARGA DARI PADA HARTA DISISI ALLAH

Ulil Albab

Oleh : YohanesKodiran Salim (KristologMuslim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penduduk Surga Menurut AlKitab Bible

Debat Hebat Ahmad Deedat Dengan Pendeta Rev. Roberts