Ajaran Kristen Allah Tritunggal

Kritik Al-Quran Terhadap Dokma-dokma Kristen Allah Tritunggal


Sumber ajaran:


  • 2 Korintus13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah,dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian. 
  • Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 
  • Efesus 4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman,satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. 
  • 1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu. 
  • Roma11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!


Kritik Al-Qur'an:


  • Qs 5:73  Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan : " Bahwasannya Allah salah seorang dari yang tiga". padahal sekali-kali tidak adaTuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. 
  • Qs 4/171 Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah(dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan dibumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara. 
  • Qs 38: 1-5 Shaad, demi Al Qur'an yang mempunyai keagungan Sebenarnya orang-orang kafir itu (berada) dalam kesombongan dan permusuhan yang sengit. Betapa banyaknya umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan, lalu mereka meminta tolong padahal(waktu itu) bukanlah saat untuk lari melepaskan diri. 
  • Dan mereka heran karena mereka kedatangan seorang pemberi peringatan (rasul) dari kalangan mereka; dan orang-orang kafir berkata: "Ini adalah seorang ahli sihir yang banyak berdusta". Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan.
  • Qs 112/1-4 Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha TUNGGAL, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranakdan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara denganDia".

   
Sesungguhnya ajaran Trinitas/Tritunggal bukan berasal dari Alkitab. Seperti ayat-ayat diatas hanyalah rekayasa orang-orang Kristen yang mencari pembenaran.

Ada sekte Kristen yang tidak mengakui adanya Allah Tritunggal tersebut, seperti sekte Yehova. Tetapi umumnya mereka dianggap bidat oleh Kristen Katolik maupun Kristen Protestan.

Allah Tritunggal adalah pengembangan ajaran Paulus tentang satu Allah yaitu Allah Bapa dan satu Tuhan yaitu Tuhan Yesus seperti pada 1 Korintus 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Setelah Paulus meninggal rumusan tersebut dikembangkan oleh orang-orang yang mencampur ajaran Alkitab dengan budaya Yunani (Apologet), mereka itu antara lain Origenes. Tertulianus, Clement dll. Kemudian padatahun 325 Masehi Kaisar Konstantin mengadakan pertemuan para Uskup di Nicea (Kosili Nicea ) dan ditetapkan secara resmi bahwa Yesus adalah Tuhan. Dan dilanjutkan pada tahun 381 Masehi di adakan konsili di Konstantin dengan menetapkan bahwa Roh Kudus diresmikan sebagain Tuhan.

Maka genaplah setelah itu Allah itu Trinitas yaitu Allah Bapa. Allah Putra dan Allah Roh Kudus atau Tritunggal atau salah satu dari tiga.
   
Pada saat sekarang orang-orang Kristen kalau didebat tentang Allah itu tiga, mereka menyangkal. Mereka tidak mengakui bahwa Allah itu tiga, tetapi Allah itu Esa dengan tiga fungsi. Mungkin sama dengan dewa dalam Hindhu. Dewa Brahma adalah pencipta, Dewa Wisnu pemelihara, Dewa Siwa perusak.
   
Didalam ajaran Islam dilarang mengatakan Allah kecuali dengan cara yang benar (Qs 4:171) Juga dalam Taurat tidak boleh mengatakan nama Allah dengan sembarangan.Ulangan 5:11 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

Oleh : Kodiran Salim ( Kristolog Muslim )
18 September 2013 pukul 5:34

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penduduk Surga Menurut AlKitab Bible

Debat Hebat Ahmad Deedat Dengan Pendeta Rev. Roberts